Sabtu, 05 November 2016

Stop mie instan buat bekal di gunung



STOP MIE INSTAN...!!!


Dianjurkan sekali buat kamu yang hendak melakukan sebuah pendakian, gunung mana pun yang akan didaki, baik tinggi ataupun rendah, untuk membawa makanan praktis dan wajib yang akan tetap menjaga stamina tubuhmu tetap prima, karena,

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan stamina ekstra dan olah raga ekstrim, karena hal demikian, saat mendaki gunung, kamu membutuhkan mental kuat, kondisi prima dan asupan energi yang baik ke dalam tubuh supaya fokus dan kesehatanmu tetap terjaga.


1. Oatmeal Sebagai Pengganti Mie Instan.

Banyak sekali para pendaki gunung yang mengandalkan mie instan sebagai obat rasa lapar, karena cara penyajiannya yang mudah, mie instan menjadi makanan kebanggaan para pendaki gunung.

Namun tahukah kamu, menjadikan mie instan sebagai menu makanan ketika kamu di dalam pendakian akan memberikan efek kurang baik kepada tubuhmu. Selain membuat perutmu lebih mudah merasa lapar kembali, memakan mie instan pun dinilai tidak akan memberikan asupan energi untuk tubuhmu.

Bukannya membuat kenyang dan menambah energi, makan mie instan, kamu malah merasakan hal yang sebaliknya, laper terus dan loyo. Karenanya, kamu harus mengganti menu makanan, gantilah mie instan dengan oatmeal, karena menyajikan oatmeal sama mudahnya dengan penyajian mie instan, selain itu, oatmeal jauh lebih banyak memberikan asupan energi ke dalam tubuhmu dibanding mie instan.

2. Kentang Goreng Mampu Menggantikan Fungsi Dari Nasi.

Demi untuk tidak memakan mie instan, banyak para pendaki yang berfikiran untuk membawa beras. Namun, menurut saya, beras bukanlah pilihan yang bijak untuk di bawa dalam pendakian, kenapa?,

Makan nasi dalam pendakian memang sangat dianjurkan dan bagus untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, namun, apabila kamu membawa beras dalam pendakian, beban yang akan kamu pikul akan sangat berat, memasak nasi pun akan memakan banyak waktu dan menyita banyak tenaga.

Ada makanan yang lebih ringan dan mudah dimasak daripada beras, dan mempunyai karbohidrat seperti beras, makanan itu kentang goreng. So' daripada berat-berat bawa beras ke gunung, lebih baik membawa kentang yang sudah siap digoreng.

3. Minum Wedang Lebih Dianjurkan Dari Bir.

Kemarin dulu saya menonton film yang berjudul 'Pencarian Terakhir, film itu mengisahkan sebuah tim pendakian yang membawa bekal minuman keras sebagai penghangat tubuh, mereka berpesta minuman keras di dalam pendakian. Hasilnya, mereka tersesat.

Kamu tidak maukan seperti para pemuda yang tersesat di gunung seperti di dalam kisah film itu, jangan membawa bir sebagai penghangat tubuh di tengah-tengah pendakian, efek buruknya sangat banyak sekali. Lebih baik, untuk menghangatkan tubuhmu, kamu bisa meminum wedang.

4. Cereal Bar.

Seperti makanan yang lainnya, kamu bisa menemukan cereal bar di warung atau mini market terdekat dari rumahmu, kamu bisa membelinya dan jangan ragu untuk membawa makanan ini di setiap pendakianmu, karena,

Dalam setiap bungkus cereal bar terkandung 170 kalori, sehingga saat kamu memakannya di tengah pendakianmu, saat kamu sedang kelelahan, makanan ini mampu memberikan tenaga seketika, dan kamu bisa langsung melanjutkan pendakianmu.

5. Kurma.

Makanan yang identik dengan bulan Ramadhan dan negara Arab Saudi ini memang tidak bisa tertinggal apabila kita sedang membicarakan macam-macam makanan yang akan memberikan stamina ke dalam tubuh kita.

Pasalnya, saat kamu memakan Kurma, maka makanan ini akan langsung seketika berubah menjadi energi tanpa banyak memakan proses. Oleh karenanya, kamu jangan ragu untuk memasukan buah Kurma ke dalam tas carriermu sebelum melakukan sebuah pendakian.

6. Gula Merah.

Seperti halnya Kurma, gula merah pun bisa memberikan tenaga seketika setelah kamu memakannya. Oleh karena itu, apabila selama ini gula merah hanya menjadi salah satu resep masakan ibumu, maka mulai dari sekarang, jadikan juga gula merah sebagai makanan wajib untuk setiap pendakianmu.

7. Coklat.

Banyak sekali orang yang senang memakan coklat, terlebih bagi para kaum Hawa, mereka suka sekali dengan makanan yang menjadi ikon Valentine Day ini. Selain rasanya yang enak banget, kamu juga perlu tahu bahwa dalam setiap satu ons coklat, itu mengandung 170 kalori, baik sekali untuk pemulihan stamina tubuh.

Jadi, apabila kamu hendak melakukan sebuah pendakian, jangan malu-malu memasukkan coklat ke dalam tas carriermu.

8. Madu.

Supaya kesehatan tubuhmu tetap terjaga dan tidak mudah terserang demam di gunung, saya sangat merekomendasikan untuk membawa madu, karna dalam setiap sendoknya, madu mengandung 64 kalori.

9. Oralit.

Salah satu obat yang sangat mudah ditemukan, pasalnya, di setiap apotik yang kamu jumpai, pasti apotik itu menyediakan Oralit. Oralit sangat membantu sekali saat kamu kelelahan di tengah-tengah pendakian, karena Oralit mampu mengganti cairan ION dalam tubuhmu.

Caranya mudah sekali, kamu tinggal mencampurkan satu buah kapsul Oralit dengan satu botol air mineral, kocok-kocok sampai larut, setelah larut, kamu bisa meminum air mineral itu setiap kamu merasa lelah dalam pendakianmu.

 
Sekarang kamu sudah tahukan makanan praktis dan wajib untuk naik gunung?, semoga dengan membawa makanan-makanan di atas, pendakianmu akan terasa lebih mengasikkan dan lebih berenergi. Jangan lupa, bagikan artikel ini sebanyak-banyaknya, supaya teman-teman pendaki lainnya mengetahui makanan apa saja yang harus mereka bawa. Sekian, semoga bermanfaat dan salam lestari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar