Sabtu, 05 November 2016

9 tips untuk beli sepatu gunung

9 Tips untuk Beli Sepatu Gunung



1. Dalam Memilih Sepatu Gunung, Kenyamanan Hatilah yang Terpenting.

Kegiatan mendaki gunung adalah sebuah perjalanan berat dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, oleh karenanya, kamu membutuhkan kenyamanan, terutama pada kaki, saat kamu mendaki gunung.

Maka dari itu, kenyamanan adalah hal paling penting dalam memilih sepatu gunung. Sebelum benar-benar membeli, cobalah pakai dan berjalan di sekitar, rasakan, apakah kamu merasa nyaman atau tidak saat mengenakannya. Apabila kaki kamu tidak nyaman saat mengenakannya, jangan ragu-ragu untuk membatalkannya.

2. Tambahkanlah Satu Ukuran.

Dalam memilih sepatu gunung, ukuran pun harus kamu perhitungkan dengan teliti, jangan sampai kekecilan, karena resiko kaki kamu lecet adalah harga yang harus kamu bayar. Dan jangan kebesaran, karena sepatu yang ukurannya terlalu besar tidak akan nyaman saat kamu gunakan dan resiko cedera kaki semakin besar apabila ukuran sepatu kamu terlalu besar.

Ukuran sepatu harus benar-benar tepat, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Namun, dalam menentukan ukuran sepatu gunung, berbeda dengan sepatu kantor, kamu harus melebihkan satu ukuran saat hendak membeli sepatu.

Misalkan, apabila ukuran sepatu kantormu 39, maka ukuran sepatu gunung yang tepat untukmu adalah 40. Kenapa seperti itu?, supaya ujung jemarimu tidak lecet saat berlarian menuruni gunung dan kamu bisa memakai kaos kaki tebal supaya kakimu terasa hangat.

3. Utamakanlah Sepatu yang Kedap Air Atau Waterpoof.

Saat kamu hendak membeli dan memilih sepatu gunung, maka utamakanlah sepatu yang kedap air, supaya kakimu tetap dalam keadaan kering, karena, saat sepatu dan kakimu basah, maka resiko akan kecelakaan dan hipotermia semakin tinggi.

4. Sepatu yang Menutupi Mata Kaki.

Perlu kamu ketahui bahwa jenis sepatu ada dua, yakni sepatu tinggi yang menutupi mata kaki dan sebaliknya, sepatu pendek yang tidak menutupi mata kaki. Untuk pemilihan sepatu gunung, jenis sepatu tinggi, menutupi mata kaki, lebih direkomendasikan.

Mengingat bahwa sepatu yang menutupi mata kaki, memiliki lebih banyak manfaat, selain melindungi mata kaki dari gesekan dengan benda keras dan tajam, sepatu jenis ini juga bisa berfungsi sebagai penyangga engkel kaki supaya lebih kuat untuk melangkah dalam pendakian.

5. Sepatu yang Cukup Ringan Termasuk Dalam Pertimbangan.

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, bahwa mendaki gunung adalah perjalanan berat, maka dari itu, memakai sepatu yang memiliki beban ringan akan mempermudah langkahmu dalam mengarungi perjalanan menuju puncak.

Meskipun sepatu yang memiliki beban ringan relatif lebih mahal dari sepatu yang berat, namun, ringan atau beratnya langkah dalam pendakianmu, pantas untuk dipertimbangkan.

6. Perhatikan Bahan Sepatu Dengan Cermat dan Teliti.



Dalam memperhatikan bahan sepatu gunung, ada 4 bagian sepatu yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Bagian apa sajakah itu?, berikut di bawah ini.

1. Padding Engkel.

Padding Engkel adalah bagian sepatu yang menutupi mata kaki. Bahan yang paling bagus untuk Padding Engkel adalah busa yang dilapisi dengan kulit, supaya melindungi mata kaki kamu dan tidak membuatnya lecet.

2. Backstray.

Backstray adalah bagian sepatu yang berada pada tumit kaki, selain melindungi dan menjadi penyangga tumit, Backstray pun berfungsi sebagai pelindung jahitan bagian belakang sepatu agar jahitan tersebut tidak mudah putus ketika kamu menginjak bebatuan dan track yang keras.

Bahan terbaik untuk Backstray adalah bahan yang keras dan kuat, semakin kuat bahan Backstray, maka semakin awet sepatu yang kamu beli.

3. Outsole.

Outsole adalah bagian dasar sepatu yang berperan sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan tanah yang kamu injak. Jelas, fungsinya adalah melindungi telapak kaki kamu dari batu yang tajam dan track yang terjal.

Bahan untuk Outsole sebaiknya disesuaikan dengan track yang akan kamu jamahi.

4. Midsole.

Midsol adalah bagian sepatu yang terletak percis di atas Outsole. Bahan paling baik untuk bagian Midsole adalah bahan yang elastis.

7. Pastikan Bahwa Sepatu yang Kamu Pilih Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik.

Sebuah keharusan untuk setiap sepatu gunung mempunyai sirkulasi udara yang baik, supaya setiap uap keringat yang dihasilkan kaki bisa mudah keluar dan berganti dengan udara segar, sehingga kakimu bisa tetap nyaman dan terhindar dari jamur dan bakteri.

8. Harga Bukanlah Jaminan Pasti.

Banyak orang yang punya anggapan bahwa semakin mahal sebuah barang, maka semakin bagus juga kualitas barang tersebut, menurut saya, anggapan tersebut tidak lebih dari doktrin para pemain pasar.

Sejatinya, harga tidak sepenuhnya menjamin kualitas sebuah barang, tidak semua barang mahal punya kualitas bagus dan tidak semua barang murah punya kualitas buruk.

Begitu juga dengan sepatu gunung, tidak semua sepatu gunung yang berharga murah mempunyai kualitas buruk, juga sebaliknya dengan sepatu mahal. Apabila kamu menemukan sepatu berharga murah yang memenuhi semua kriteria di atas yang sudah saya sebutkan, maka jangan ragu untuk membelinya.

9. Jangan Malu Untuk Banyak Bertanya Kepada Pedagangnya.

Saat kamu memilih dan hendak membeli sepatu, sebaiknya jangan ragu bertanya apa saja kepada pedagangnya, seperti bahannya terbuat dari apa?, memiliki garansi atau tidak?, apakah sepatu itu kedap air atau tidak?. Pokoknya, tanyakan apa pun mengenai sepatu itu, supaya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sepatu yang akan kamu beli.



Terimakasih Atas Kunjungannya Semoga Bermanfaat salam Lestari....








Sumber : Basecamp Para Pendaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar